Kamis, 21 Agustus 2014

Universitas Muhammadiyah Malang


Dewasa ini masyarakat indonesia memiliki pemikiran yang sangat berkembang mengenai akademik. Dunia akademik di Indonesia mulai mendapat perhatian baik dari pemerintah, tidak terkecuali saat ini dengan perguruan tinggi berbasis islam. Seperti yang kita ketahui, kebanyakan perguruan tinggi islam di Indonesia menggunakan nama-nama wali. Sebagian lagi menggunakan nama sebuah organisasi Islam yang menunjukkan dimana perguruan tinggi itu bernaung, yaitu Universitas Muhammadiyah.




Universitas Muhammadiyah Malang merupakan salah satu perguruan tinggi berbasis Islam yang tidak diragukan lagi jika dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri, hal tersebut dibuktikan dengan akreditasinya "A". Adapun fakultas-fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang, sebagi berikut: fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Hukum, Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta jurusan Ilmu Agama, Fakultas TeknikFakultas PertanianFakultas Peternakan dan PerikananFakultas PsikologiFakultas KedokteranFakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari D3 dan S1 Keperawatan, Farmasi, dan Fisioterapi serta Program Pasca Sarjana yang masing-masing mengembang beberapa jurusan. Jurusan atau program studi di UMM baik tingkat diploma 3, Sarjana, Magister maupun Doktoral 40 persen telah terakreditasi A BAN-PT.


Fasilitas-fasilitas yang tersedia di Universitas Muhammadiyah Malang, antara lain :


Fasilitas Akademik
1. Ruang Kelas
Ada beberapa jenis ruang kuliah yaitu : ruang kelas biasa, ruang kelas multimedia maupun ruang kelas multimedia yang eksklusif. Fasilitas yang tersedia dalam ruang kelas multimedia adalah perangkat computer, LCD Projector dan peralatan audio. Beberapa ruang kelas multimedia sudah terkoneksi internet baik melalui kabel maupun akses hotspot.
2. Laboratorium.
Ada beberapa laboratorium di Universitas Muhammadiyah Malang yaitu Laboratorium Fakultas Pertanian, Psikologi, Ekonomi, Teknik, Hukum, FISIP, Fapetrik, Kesehatan, FKIP, FAI
3. Perpustakaan
Image
Perpustakaan

Perpustakaan Pusat UMM telah dikelola dengan sistem digital library (digilib) yang terkoneksi dengan beberapa perpustakaan, baik perustakaan di dalam maupun luar negeri.Untuk Wilayah Jawa Timur baru ada dua perpustakaan yang sudah mengembangkan digital library, salah satu diantaranya adalah Universitas Muhammadiyah Malang. Perpustakaan Pusat memiliki koleksi yang terdiri atas buku, koleksi majalah dan jurnal koran, CD installer, CD e-book, dan kaset.
4. Komputer dan TIK
Untuk menunjang system pembelajaran modern, UMM menyediakan fasilitas komputer dan layanan ICT bagi mahasiswa, dosen, dan karyawan. Penyediaan fasilitas ini dikendalikan oleh Lembaga Informasi dan Komunikasi (Infokom) UMM.
Beberapa layanan ICT yang telah ada bagi mahasiswa adalah : KSR online, digital library, e-learning, email, blog dan website, browsing, akses free hotspot, dan lain-lain. Beberapa sistem informasi manajemen sudah dikembangkan untuk meningkatkan kinerja, yaitu antara lain : manajemen administrasi akademik, manajemen kepegawaian, manajemen penelitian, manajemen keuangan, dan lain-lain

Fasilitas Non Akademik
1. Student center
Image
Student Center
Student Centre (SC) merupakan pusat kegiatan mahasiswa. UMM memberi kebebasan yang seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk melakukan aktifitas dalam bidang organisasi, minat bakat dan penalaran.

2. Poliklinik
Image
Poliklinik
3. Asrama Mahasiswa

Fasilitas Penunjang
1.  Kampus
Image
Kampus I,II,III UMM
2. Gedung perkantoran
3. Balai dan Aula
4. Kendaraan
5. Plasa Internet (hotspot dan warnet)
6. Komunikasi
7. PLMTH
Sungai Brantas yang mengalir melintasi kompleks kampus III UMM sebagian diamanfaatkan untuk irigasi yang mengairi sawah-sawah di daerah Tegalgondo dan sekitarnya, dengan pintu air di Dam Sengkaling. 
8. Lahan Parkir

Fasilitas Publik
  1. Masjid
    Image
    Masjid Ar Fachruddin

Fungsi Masjid tidak hanya digunakan untuk tempat beribadah, namun juga digunakan untuk proses akademik, perpustakaan, dan ruangan-runagan kantor.
2. Hotel
Image
Hotel UMM Inn
UMM Inn adalah hotel pendidikan pertama di Malang. Hotel ini berada 3 mil dari pusat kota Malang dan dekat dengan Kota Batu. Hotel ini juga merupakan tempat sempurna untuk pertemuan, konferensi, dan seminar sekaligus menyediakan pelayanan yang mudah yang bagi kebutuhan berbagai tema pesta yang sesuai dengan kebutuhan.
3. Pusat Kesehatan
UMM Medical Center memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat umum dengan model pendekatan dokter keluarga. Dalam hal ini pelayanan kesehatan akan diberikan secara menyeluruh, berkesinambungan dan biaya yang dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dengan mengutamakan mutu pelayanan kesehatan yang maksimal.
4. Penerbitan UMM
Tahun 1990 dibentuk lembaga di Universitas Muhammadiyah Malang yang bernama PUSAT PENERBITAN di bawah koordinasi Pembantu Rektor III. Karena UMM waktu dulu terkenal punya Koran Kampus BESTARI maka lembaga ini  sering dianalogikan dengan pengelola BESTARI.
5. Toko buku
6. Bengkel sepeda motor
7. Rumah sakit
8. Mall
Dalam waktu dekat UMM akan segera membangun pusat perbelanjaan kampus, yaitu mall. Lokasi pembangunan mall adalah di sebelah Barat Masjid AR. Fachruddin, berdampingan dengan rencana lokasi SPBU UMM.
9. SPBU
Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) UMM akan dibangun di sebelah Barat Masjid AR. Fachruddin, tepatnya di sebelah kiri pintu keluar Barat kampus III UMM. Pendirian SPBU ini merupakan salah satu upaya UMM dalam mengembangkan profit centre untuk mendukung finansial selain biaya pendidikan dari mahasiswa. Saat ini SPBU dalam masa tahap akhir pembangunan.
10. Kafetaria
11. Pusat Souvenir
12. Toko

Fasilitas Rekreatif

Tidak hanya fasilitas yang disebutkan diatas, Universitas Muhammadiyah Malang juga menydiakan beberapa sarana rekreatif bagi mahasiswa yaitu:
1. Stadion
2. UMM Dome
Image
UMM Dome
3. Lapangan Basket
4. Lapangan Volley
5. Lapangan Futsal
6. Lapangan Bulutangkis
7. Tenis Meja
8. Panjat Tebing
9. Kolam Kano

Tidak ada komentar:

Posting Komentar